Senin, 29 November 2010

Fakta Tentang Virus Symbian s60v3

0 komentar


Mungkin kamu sering dapat informasi tentang berbahayanya memiliki ponsel symbian, karena virus bisa merusak ponselmu, demikian juga informasi bahaya dari vendor-vendor antivirus. Ya memang kondisi tersebut sangat berbahaya !!
Tapi….., berbahaya yang saya maksud adalah kekhawatiran dan ketakutan dari kalian para pengguna ponsel symbian s60v3 atas virus tersebut! Ya benar, kita tidak perlu khawatir dengan virus yang merusak sistem ponsel s60v3 kita, karena tidak ada virus seperti itu !! Ingat disini saya tidak mengatakan bahwa virus atau mallware itu tidak ada, yang ingin saya katakan adalah kita tidak perlu khawatir atau panik bahwa OS symbian rentan terhadap virus atau mallware seperti yang dialami window (PC).

FAKTA SEDERHANA

Fakta 1 : Tidak mungkin seseorang atau sesuatu bisa mengirimkan virus ke ponsel symbian s60v3 mu tanpa kamu ketahui !!

Fakta 2 : Virus Symbian (s60v3) yang pernah kamu dengar, tidak benar-benar beredar. Kebanyakan virus atau mallware tersebut hanyalah “konsep” yang dikemukakan oleh para pembuat anti virus (yang pastinya menginginkan kamu percaya kamu bahwa kamu perlu membeli anti virusnya).

Fakta 3 : Mustahil (kalaupun ada) virus yang membuat smartphonemu tidak berguna. Walaupun kamu sengaja menginstall virus ke ponselmu, mallware tersebut tidak mungkin bisa mengganggu OS dan aplikasi di ROM, yang berarti kamu bisa selalu menghapusnya dengan meng”hard reset” hapemu (menekan *#7370# ato menekan tombol “dial”+”*”+”3″ saat menghdupkan ponselmu).

PALING PARAH CUMA JADI PERANTARA

Virus yang sering kamu temui di ponsel sebenarnya adalah virus komputer, sehingga saat kamu colokin ponselmu ke PC, anti virusmu mendeteksi adanya virus di ponselmu. Artinya ponselmu hanya sebagai “pembawa” virus, jadi ponsel java pun bisa terkena virus ini. Tapi pernah saya menemui virus perusak MP3, jadi virus tersebut merusak semua file MP3 di nokia 3110c (java loh) saya…. Tapi selama ponsel symbianmu kamu koneksikan dengan PC dalam mode PC Suite, maka virus semodel tersebut tidak merusak file MP3 atau sejenisnya, karena Nokia 3110c saya itu virusnya mulai bekerja saat saya mencolokkannya ke PC dalam mode flashdisk. Tapi ingat…, tidak mungkin merusak sistem.

Disamping itu aplikasi yang boleh mengakses system Sistem Operasi Symbian harus dapat ijin dari symbian foundation, juga setiap aplikasi yang mau diinstal di ponselmu pasti meminta ijinmu (termasuk virus), bahkan jika aplikasi itu tidak dapat dipercaya, pasti kamu harus memberi ijin sebelum apikasi itu bisa terinstall (lihat gambar dibawah).

Dan jika palikasi tersebut mau mengakses sistem (network, konektifitas, sms dll) pasti minta ijin kamu juga (lihat gambar dibawah)

Untuk ponsel symbaian terdahulu memang ada virusnya, seperti cabire

Tapi tenang saja…., kalo ponselmu symbian s60v3 keatas aman koq….

sumber

0 komentar:

Posting Komentar